27/10/2020

MEMBUAT SURAT KETERANGAN SISWA PENERIMA DANA PIP

Untuk mengetahui apakah siswa kita mendapat dana Program Indonesia Pintar (PIP), kita dapat mengeceknya melalui laman www.pip.kemdikbud.go.id

Apabila siswa kita terpilih menjadi siswa penerima dana PIP, proses penyalurannya adalah dengan transfer langsung ke rekening siswa, setelah dana masuk ke rekening siswa, orang tua/wali siswa dapat melakukan proses pencairan melalui lembaga penyalur, saat ini adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), dengan membawa syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Surat Keterangan Siswa Penerima Dana PIP dari Sekolah.
  2. Fotocopy KTP Orang Tua/Wali Siswa
  3. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)

Untuk memudahkan dan meminimalisir kesalahan dalam pengetikan data siswa pada surat keterangan, saya membuat sebuah format Surat Keterangan Siswa Penerima Dana PIP, yang dapat diunduh melalui link di bawah ini :


Download Format Surat Keterangan Siswa Penerima Dana PIP


Cara penggunaan dapat dibaca pada sheet petunjuk format ini, atau tonton video tutorialnya dengan mengklik link berikut :

Video Tutorial Membuat Surat Keterangan Siswa Penerima Dana PIP


Semoga bermanfaat.

 

 ar84official

13/10/2020

LAPORAN BULANAN KEADAAN JUMLAH SISWA

 Bismillahirrahmanirrahiim

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh tata usaha adalah membuat laporan bulanan keadaan jumlah siswa. Melalui laporan ini kita dapat mengetahui jumlah siswa kita di awal bulan, jumlah siswa yang keluar, jumlah siswa yang masuk, dan jumlah siswa di akhir bulan.

Ketika ada permintaan data jumlah siswa, apakah itu dari kepala sekolah ataupun pihak lain, kita dapat langsung memberikan laporan ini dengan segera, karena laporan ini kita buat secara real time, apabila ada siswa yang keluar/masuk dapat langsung kita isikan pada masing-masing kolom sesuai rombelnya.

Untuk memudahkan dalam membuat laporan bulanan keadaan jumlah siswa, saya membuat sebuah format menggunakan microsoft excel, yang dapat teman-teman unduh/download dengan mengklik link di bawah ini :

Download Format Laporan Bulanan Keadaan Jumlah Siswa

Menggunakan format ini sangat mudah, teman-teman dapat membaca cara penggunaannya pada sheet Petunjuk

atau menonton video tutorialnya dengan mengklik link di bawah ini :

https://youtu.be/AHEDr9-JFsw


Barakallahu fiikum

ar84official

08/10/2020

MENGECEK STATUS VALIDASI TUNJANGAN PROFESI/SERTIFIKASI GURU

Berikut saya lampirkan video tutorial cara mengecek status validasi tunjangan profesi, yang dapat bapak/ibu lihat dengan mengklik link di bawah ini :

youtu.be/kKbpZERga1A?sub_confirmation=1




Info GTK merupakan informasi data individu Guru dan Tenaga Kependidikan yang datanya bersumber dari isian pada aplikasi dapodik sekolah dan telah disinkronisasi. Info GTK dapat diakses melalui laman

www.info.gtk.kemdikbud.go.id

Dengan mengakses laman tersebut, bapak/ibu GTK dapat mengetahui hasil isian data di aplikasi dapodik, dan mengecek apakah data tersebut sudah benar atau salah. Apabila ada kesalahan, proses perbaikannya dilakukan melalui aplikasi dapodik sekolah masing-masing.

Selain info tentang data individu GTK, melalui info GTK ini, bapak/ibu juga dapat mengecek validasi tunjangan profesi/sertifikasi apakah sudah VALID atau INVALID/BELUM VALID. Apabila status validasi tunjangan profesi/sertifikasi bapak ibu adalah INVALID/BELUM VALID, maka segera perbaiki melalui aplikasi dapodik, agar tidak ada kendala dalam proses pencairan tunjangan profesi/sertifikasi.



ar84official

04/10/2020

SOLUSI KETIKAN TERPOTONG SAAT DICETAK/PRINT OUT

Ketika pertama kali menggunakan Microsoft Word, saya sempat bingung, karena hasil cetak/print out ketikan saya pada kertas yang berukuran Legal 8,5 x 14 in (216 x 356 mm) terpotong. Dari kejadian ini, saya mencari tahu mengapa bisa terjadi dan bagaimana solusinya.

Melalui blog ini, saya ingin berbagi tips kepada teman-teman bagaimana solusi agar ketikan teman-teman tidak terpotong pada saat dicetak/print out.

 


Setelah teman-teman memilih ukuran kertas legal (seperti gambar disamping) pada saat ingin mengetik sebuah dokumen, hal yang harus teman-teman lakukan adalah mengubah setingan ukuran kertas/paper, caranya adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 



1.         Pada Menu Page Layout, pilih/klik Margins kemudian Custom Margins


2.        Akan keluar tampilan Page Setup, Pilih/Klik Paper, pada kotak Height ubah 35,56 cm menjadi 33 cm, kemudian OK.


 


3.         Teman-teman bisa langsung mengetik tanpa was-was hasil cetaknya akan terpotong.

Demikian tips yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu teman-teman yang baru mulai menggunakan Microsoft Word.

Video tutorial dapat teman-teman lihat di channel Youtube berikut :

https://youtu.be/uk2_k9k_hlg


ar84official



01/10/2020

Aplikasi Administrasi Mutasi/Pindah Sekolah Siswa

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Dimasa menjalani proses pendidikan di sekolah, baik itu jenjang SD, SMP, maupun SMA, tidak menutup kemungkinan bahwa seorang siswa akan mengajukan permohonan pindah sekolah, hal ini bisa terjadi dikarenakan kepindahan tempat tinggal, atau alasan lainnya.

Dalam pengajuan mutasi/pindah sekolah ini, tidak sertamerta siswa yang ingin pindah sekolah langsung diterima di sekolah baru, melainkan ada beberapa tahapan dan syarat administrasi yang harus dipenuhi.

Salah satu tahapan adalah bahwa siswa yang ingin pindah sekolah harus terlebih dahulu memastikan bahwa dirinya diterima pindah ke sekolah yang baru, dalam hal ini sekolah yang baru akan mengeluarkan surat rekomendasi penerimaan pindah/mutasi siswa. Setelah mendapat rekomendasi bahwa dirinya diterima, barulah mengurus administrasi mutasi/pindah sekolah dari sekolah lamanya.

Pada umumnya administrasi mutasi/pindah sekolah siswa ada 6 (enam) macam :
  1. Surat Permohonan Pindah dari Orang Tua
  2. Surat Keterangan Pindah Sekolah (dari sekolah lama ke sekolah baru)
  3. Surat Pernyataan Kepala Sekolah (bahwa siswa benar terdaftar aktif di sekolah)
  4. Data Siswa Format 8355
  5. Raport
  6. Sekolah lama segera mengeluarkan/memutasikan data siswa dan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodik, agar dapat ditarik oleh sekolah yang baru.
Dari 6 (enam) syarat atministrasi tersebut, 4 (empat) diantaranya harus dibuat oleh sekolah lama yaitu syarat nomor 1 s.d. 4, kecuali raport yang sudah ada pada guru atau wali kelas dan data siswa yang sudah ada di aplikasi dapodik. Apabila dikerjakan secara manual, agak sedikit rumit dan cukup menyita waktu dalam membuat 4 (empat) macam administrasi tersebut.

Oleh karena itu, saya mencoba untuk membuat aplikasi berbasis excel, walaupun sangat-sangat sederhana namun menurut saya sangat bermanfaat dalam mengerjakan administrasi mutasi/pindah sekolah siswa, karena dengan sekali entri/isi data kita sudah bisa menyelesaikan 4 (empat) macam administrasi tersebut.

Berikut saya lampirkan aplikasi surat rekomendasi penerimaan mutasi siswa (untuk sekolah baru) dan aplikasi administrasi mutasi/pindah sekolah siswa (untuk sekolah lama), yang dapat teman-teman download melalui link di bawah ini :



Petunjuk penggunaan sudah terdapat dalam aplikasi tersebut, atau dapat teman-teman lihat pada tutorial di chanel youtube berikut :


Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu teman-teman tenaga administrasi/tata usaha/operator sekolah dalam mengerjakan administrasi mutasi/pindah sekolah siswa.

Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuhu

#kerjacerdas
ar84official